CREPES DAN PANCAKES


Membuat adonan adalah seni. Sejak manusia tahu cara memanaskan batu datar, ia segera menemukan seni membuat pancake. Kini jarang yang dapat menyamai harum adonan yang sedang dimasak. Baik puding Yorkshire tradisional, atau drop scone kecil, sama-sama mcnggiurkan harumya.

Membuat pancake
Harum crepes (pancake) dan gaufre (wafel) di jalanan kota Paris membuat penduduk Paris dan para turis antre membeli pancake tabur gula dan jeruk sederhana, pancake isi selai atau cokelat. Crepes dengan isi lezat juga disukai orang.

Membuat crepes Prancis yang sempurna - begitu tipisnya sehingga tidak dapat dilemparkan ke atas adalah keterampilan yang mudah dikuasai. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan penggoreng rata. Ada baiknya memilih yang berat, agar Anda hisa juga dipakai untuk membuat pancake tebal seperti drop scone. (Kalau dibuat dalam penggorengan tipis, akan hangus.) Dapat dipakai penggorengan yang sama, misalnya penggorengan besi kuno, untuk aneka masakan, termasuk omelet dan crepe.

Rahasia pancake yang baik terletak pada adonannya. Sekali dapat memhuat adonan yang halus, maka mudah pula membuat crepe manis, puding Yorkshire yang mengenyangkan, gorengan manis dan hlinis mentega.

Adonan dasar crepes

Bahan:
100 g tepung terigu
sedikit garam
1 telur yang besar
1 kuning telur
300 ml susu
1 sdm minyak

Cara membuat:
Saring tepung terigu dan garam dalam mangkuk besar dan buat lubang di tengah.

Pecahkan telur di dalam lubang, lalu tambahkan kuning telur dan tuangkan sedikit susu.

Campur telur dan susu dengan pengocok, lalu berangsur-angsur dorong tepung terigu dari samping ke tengah sambil mengocok lebih banyak susu sampai dihasilkan adonan sekental krim separuh kocok.  Kocok adonan sampai rata dan campurkan minyak ke dalamnya.

Teruskan mengocok sisa susu ke dalamnya hingga adonan sekental krim encer. Tutupi mangkuk dan sisihkan selama 30 menit. Ini akan lebih meringankan adonan waktu dimasak.

Siapkan 1 takaran adonan dasar. Panaskan wajan. Olesi dengan edikit minyak, dan tuangkan ke dalamnya 25-35 ml adonan. Putar wajan supaya adonan tersebar merata. Taruh lagi di atas api dan masak selama 1 menit.

Siapkan pisau palette di bawah pancake dan masak sisi lainnya sampai cokelat keemasan. Pindahkan ke piring.

Tip:
Dengan membuat adonan yang kental akan lebih mudah menghindari terjadinya gumpalan.

Jangan khawatir kalau pancake pertama tidak rata. Hal itu sering terjadi.

Terlalu banyak adonan dalam wajan? Putar wajan dan tuang adoanna yang berlebih kembali ke mangkuk. Potong bibir adonan setelah campuran pancake itu dimasak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment